Prius C Jagoan Toyota Indonesia untuk LCE

Written By Unknown on Senin, 24 Desember 2012 | 10.47

Jakarta, KompasOtomotif - Setelah memperkenalkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012, September lalu, Toyota sudah melakukan uji coba mobil hibrida kompaknya, yaitu Prius C atau Aqua di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi. Tujuannya untuk mengetahui, memperoleh insentif atau tidak, sesuai dengan regulasi Low Carbon Emmision Car (LCE) yang akan diterbitkan. 

"Mereka (Toyota Indonesia) menyiapkan Prius C untuk ikut program ini. Mobilnya sudah dites," jelas Budi Darmadi, Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian, belum lama ini. Sampai kini, Prius C dijual dengan mekanisme spot order: kalau ada konsumen yang pesan, Toyota impor dari Jepang.

Regulasi LCE yang akan dikeluarkan Pemerintah Indonesia, memberi insentif kepada berbagai jenis kendaraan dengan konsusmi bahan bakar rata-rata 20 kpl, berupa pengurangan Pajak Penambahan nilai Barang Mewah (PPnBM) sampai 50 persen. Tujuannya, mobil dengan teknologi irit bahan bakar harganya makin terjangkau dan diharapkan dapat membantu mengurangi konsumsi BBM. 

Merek Eropa
Selain Toyota, Budi Darmadi juga membocorkan, hampir semua merek melakukan uji coba produk irit bahan bakar dan ramah lingkungan. "Ramai-ramai ikut tes. Produsen Eropa juga ikut uji coba," beber Budi tanpa menyebutkan merek. 

Mayoritas produsen tersebut mengedepankan teknologi ramah lingkungan, kapasitas mesin makin kecil namun menghasilkan tenaga besar. "Mereka memanfaatkan turbo untuk memperbesar tenaga sekaligus tetap irit bahan bakarnya," lanjut Budi.

Selain memenuhi standar konsumsi BBM, Budi juga mengingatkan, untuk memperoleh insentif, setiap merek wajib merakit kendaraan tersebut di Indonesia. Tanpa memenuhi persyaratan itu, insentif tidak bisa diberikan! 


Anda sedang membaca artikel tentang

Prius C Jagoan Toyota Indonesia untuk LCE

Dengan url

http://internasionalizem.blogspot.com/2012/12/prius-c-jagoan-toyota-indonesia-untuk.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Prius C Jagoan Toyota Indonesia untuk LCE

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Prius C Jagoan Toyota Indonesia untuk LCE

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger