Korea Selatan: Hyundai-Kia Menyusut, Jerman Berkembang

Written By Unknown on Senin, 24 Desember 2012 | 10.47

Seoul, KompasOtomotif - Asosiasi Industri Otomotif Korea Selatan (KAMA) melaporkan, penjualan domestik Hyundai dan Kia mulai menyusut tahun ini seiring mulai berlakunya kesepakatan perdagangan bebas (FTA) dengan Amerika Serikat. Penurunan pajak bea masuk mobil impor buatan AS membuat warga Korsel - sebelumnya terkenal sangat mencintai produk dalam negeri - mulai goyah.

Kondisi tersebut berbanding terbalik dengan Eropa, penjualan Hyundai-Kia naik14 persen dan di Amerika Serikat 12 persen, sementara di negeri sendiri, justru turun 5,2 persen pada tahun ini.

Pada 2002, kedua merek menguasai sampai 99 persen total pasar Korea Selatan. Namun pada 2011, tinggal 92 persen. demikian menurut Asosiasi Importir dan Pemasar Mobil Korsel. "Lonjakkan impor mobil ke Korea Selatan pasti mengancam Hyundai dan Kia di rumahnya sendiri," komentar Lee Sang Hyun, analis dari NH Investmet & Securities Co yang  dilansir Inautonews (22/12/2012).

Sampai November tahun ini, jumlah impor mobil ke Korea Selatan naik 24 persen atau menguasai 10 persen pangsa pasar. Jumlah ini diprediksi masih tetap membesar sampai 15 persen.

Merek asing makin tertarik ke negara itu karena daya beli masyarakatnya makin tinggi. Dari seluruh mobil yang diimpor, masih didominasi merek asal Jerman, 65 persen, Audi (naik 44 persen), BMW (naik21 persen) dan VW (42 persen). Merek Jepang naik 24 persen  dan Amerika Serikat 17 persen.

"Menurut saya mobil CBU, penampilannya lebih menarik, terutama merek Jerman. Anda bisa melihat, makin banyak mobil CBU berseliweran di jalan sekarang ini. Semua orang yang suka Gangnam, pasti mengendarai merek asing," komentar Yoo Myung Sook, salah satu warga Korea Selatan yang menukar Kia Oprius dengan Mercedes-Benz.
 


Anda sedang membaca artikel tentang

Korea Selatan: Hyundai-Kia Menyusut, Jerman Berkembang

Dengan url

http://internasionalizem.blogspot.com/2012/12/korea-selatan-hyundai-kia-menyusut.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Korea Selatan: Hyundai-Kia Menyusut, Jerman Berkembang

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Korea Selatan: Hyundai-Kia Menyusut, Jerman Berkembang

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger