Akhir Pekan Ini, Merkurius Tampil Singkat Menjelang Fajar

Written By Unknown on Kamis, 25 Juli 2013 | 10.47

KOMPAS.com — Setidaknya lima planet akan tampak di langit malam pada akhir pekan. Senja hingga menjelang tengah malam, akan ada Venus dan Saturnus. Menjelang fajar, akan ada Mars, Jupiter, dan Merkurius.

Di antara semua planet tersebut, Merkurius akan tampil paling singkat dan tampak paling kecil. Menjelang fajar hari Jumat hingga Minggu, planet terdekat dengan Matahari ini akan tampak kurang dari 30 menit sebelum Matahari terbit.

Berdasarkan simulasi perangkat lunak astronomi Stellarium, Merkurius baru akan tampak mulai pukul 04.50 WIB. Planet panas yang baru-baru ini terungkap memiliki es tersebut akan terlihat di arah timur dengan ketinggian rendah.

Pengamatan Merkurius punya tantangan. Sebagai planet yang paling dekat dengan bintang induk Tata Surya, Merkurius selalu tampak berdekatan dengan saat Matahari terbit atau terbenam. Akibatnya, kecerlangannya terganggu oleh cahaya Matahari.

Tantangan yang lain adalah ukuran Merkurius yang kecil. Dengan ditendangnya Pluto sebagai planet pada tahun 2006, Merkurius kini menjadi planet terkecil engan diameter hanya 2.440 kilometer atau 38 persen diameter Bumi.

Berdasarkan tulisan Starry Night Education di Space.com, Kamis (24/7/2013), akhir pekan ini, publik diuntungkan dalam mengamati Merkurius. Merkurius akan berada di titik terjauh pada 30 Juli 2013 nanti. Tantangan sedikit berkurang.

Karena Merkurius kecil, pengamatan memang lebih baik jika memakai alat bantu, seperti binokular atau teleskop. Untuk memudahkan pengamatan, temukan dahulu Jupiter dan Mars yang masih akan tampak di langit Subuh pada akhir pekan ini.

Bila Jupiter dan Mars ditemukan, maka untuk menemukan Merkurius bakal lebih mudah. Merkurius berada di bawah dua planet tersebut dan di atas horizon, garis khayal pembatas wilayah langit yang teramati oleh manusia.

Jumat (19/7/2013) dan Sabtu (20/7/2013) lalu, wahana antariksa Messenger memotret Bumi dan Bulan dari Merkurius, yang jaraknya saat itu 97,6 juta kilometer. Bumi dan Bulan tampak seperti bintang ganda. Akhir pekan ini, giliran Anda mengintip Merkurius. Seperti apa planet ini dari binokular atau teleskop Anda? Coba saja intip. Kalau tak ada awan dan hujan, pasti Anda bisa menemukannya.

Editor : Yunanto Wiji Utomo


Anda sedang membaca artikel tentang

Akhir Pekan Ini, Merkurius Tampil Singkat Menjelang Fajar

Dengan url

http://internasionalizem.blogspot.com/2013/07/akhir-pekan-ini-merkurius-tampil.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Akhir Pekan Ini, Merkurius Tampil Singkat Menjelang Fajar

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Akhir Pekan Ini, Merkurius Tampil Singkat Menjelang Fajar

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger