GAIKINDO Kecewa Terhadap Pemerintah Soal Mobil Murah

Written By Unknown on Kamis, 27 Desember 2012 | 10.47

Jakarta, KompasOtomotif - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) kecewa terhadap pemerintah karena janji untuk menelurkan regulasi mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) - dicanangkan sejak dua tahun lalu - tidak kunjung terbit.  Padahal, pada Desember ini hanya tersisa dua hari kerja. Diperkirakan, regulasi tidak muncul di akhir tahun, tetapi molor ke 2013.

"Ya betul, saya monitor sampai Jumat pekan lalu, masih belum juga keluar (LCGC)," ujar Sudirman MR kepada KompasOtomotif, semalam (26/12/2012).

Keseriusan prinsipal otomotif global sebenarnya sudah ditunjukkan sejak awal tahun ini dengan mengumumkan tambahan investasi untuk membangun pabrik baru buat  memproduksi LCGC. Tidak tanggung-tanggung, nilainya mencapai 2,2 miliar dollar AS (Rp 21,2 triliun) dari lima merek, yaitu Daihatsu, Toyota, Suzuki, Nissan dan Honda.

"Di sektor industri komponen, tambahan investasi sekitar 2,5 miliar dollar AS (Rp 24,1 triliun).Semua masuk tahun ini," komentar Budi Darmadi, Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian, belum lama ini. Bahkan program ini sudah berhasil menarik 35 jenis komponen yang tadinya belum diproduksi di Indonesia.

Bahkan, Grup Astra dan bersama Daihatsu dan Toyota sudah memperkenalkanLCGC-nya Ayla dan Agya sejak September 2012. Pesanan juga sudah mengalir. Data terakhir yang masuk, Toyota sudah sudah mengantongi 12.000 pesanan Agya dari seluruh Indonesia. "Tanpa regulasi kami belum bisa produksi dan tentu tidak bisa menjual meski banyak peminat," lanjut Sudirman.

Protes
Karena regulasi terus molor, GAIKINDO menyiapkan langkah-langkah tepat untuk mempertanyakan keseriusan pemerintah. "Kita tunggu awal tahun nanti. Kami mau bicara!" tegas Sudirman.

Meski tidak menjelaskan detil masalah yang akan dibicarakan, dipastikan berkaitan dengan keseriusan pemerintah dengan program LCGC. Sejumlah komitmen investasi yang sudah ditunjukkan oleh beberapa prinsipal, tidak ditanggapi dengan serius oleh pemerintah.


Anda sedang membaca artikel tentang

GAIKINDO Kecewa Terhadap Pemerintah Soal Mobil Murah

Dengan url

http://internasionalizem.blogspot.com/2012/12/gaikindo-kecewa-terhadap-pemerintah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

GAIKINDO Kecewa Terhadap Pemerintah Soal Mobil Murah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

GAIKINDO Kecewa Terhadap Pemerintah Soal Mobil Murah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger