Giliran Ford Terpukul Telak oleh Krisis Eropa

Written By Unknown on Kamis, 25 Oktober 2012 | 10.47

Genk, KompasOtomotif - Ford Motor Company mengumumkan segera menghentikan perakitan mobil di pabrik Genk, Belgia, mulai akhir 2014 dampak  dari kondisi  ekonomi Eropa yang makin terpuruk. Dengan keputusan ini, produksi model Mondeo dialihkan ke Valencia, Spanyol dan salah satu produsen raksasa mobil Amerika itu  memperkirakan pihaknya akan mengalami  sampai 1 miliar dollar AS (Rp 9,6 triliun) pada 2012, penurunan terbesar selama 19 tahun terakhir.

Selain memproduksi Mondeo, pabrik di Belgia itu juga menghasilkan model  S-Max dan Galaxy yang dipindahkan ke Valencia. Sedangkan produksi C-Max dan Gran C-Max yang semula di Valencia, akan digeser ke pabrik Ford lainnya di Saarlouis, Jerman.

"Usulan restrukturisasi fasilitas manufaktur di Eropa menjadi bagian dari rencana dasar kami untuk memperkuat bisnis Ford di Eropa supaya kembali untung," komentar Bos Ford Eropa Stepen Odell. Penggeseran produksi ini berlangsung sukses, karena akhirnya bisa didukung oleh para pekerja.

Inggris

Sumber internal Ford mengatakan, Ford juga mau menutup pabriknya di Southampton, Inggris yang memproduksi sasis untuk Transit, awal tahun depan. Biaya produksi yang besar memaksa Ford harus menghemat, salah satunya dengan memangkas produksi. Rencananya, Ford baru mau mengumumkan langkah strateginya ini hari ini (Kamis, 25/10/2012).

CEO Frd Alan Mulally, bulan lalu mengatakan, industri otomotif di Eropa harus mengubah ukurannya sesuai kondisi pasar supaya bisa tetap untung.

Sepanjang 2011, produksi pabrik Sauthampton hanya 30.000 unit, padahal kapasitas minimum sebuah fasilitas yang sehat itu minimal 200.000 unit. Brian Johnson, analis dari Barclays di Inggris mengatakan, fasilitas produksi Ford di pabrik itu sebenarnya mencapai 230.000 unit per tahun. "Jadi sangat jelas kondisi ini jauh dari semesetinya," jelas Brian.

Serikat Pekerja

Stepen Odell dijadwalkan bertemu dengan para serikat pekerja dari seluruh pabrik di Inggris di Dunton, hari ini. "Belum ada topik apa yang akan dibicarakan, " jelas Roger Maddison, pemimpin serikat pekerja Ford yang mewakili 530 pekerja dari pabrik Southampton.
Langkah serupa sudah dilakukan Ford, kemarin, dimana juga melakukan pertemuan dengan para pekerja dari pabrik Genk sebelum mengumumkan resmi penutupan pabrik di Belgia itu.

"Kami akan melakukan pengumuman selanjutnya pada waktu yang tepat, ketika seluruh pemangku kepentingan sudah diinformasikan. Ke depan, kami terus memantau perkembangan kondisi ekonomi di seluruh wilayah bisnis kami dan mengambil tindakan yang diperlukan," beber John Gardiner, juru bicara Ford Eropa di Cologne, Jerman.

Ford sudah merakit mobil di Inggris sejak 1911 dan penutupan pabrik terakhir yang pernah dilakukannya adalah pabrik Dagenham, 2002 silam. Pabrik itu tadinya memproduksi Fiesta dan memaksa pemutusan hubungan kerja 2.000 karyawan.
 


Anda sedang membaca artikel tentang

Giliran Ford Terpukul Telak oleh Krisis Eropa

Dengan url

http://internasionalizem.blogspot.com/2012/10/giliran-ford-terpukul-telak-oleh-krisis.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Giliran Ford Terpukul Telak oleh Krisis Eropa

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Giliran Ford Terpukul Telak oleh Krisis Eropa

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger